Cara Menjinakkan Burung

Diposkan oleh Ali Sodikin | Label: | Posted On Sabtu, 03 Desember 2011 at 02.43

Cara Menjinakkan Burung
 Untuk menjinakkan burung sudah banyak CARA diberikan oleh para penghobi burung . Dalam proses wajar, burung bisa jinak dalam waktu relatif lama. Kalau mau agak cepet, kuncinyanya pada diri kita sendiri: sempat atau tidak. Kalau Anda sempat, lakukan hal-hal berikut ini.




Cara Menjinakkan Burung
 Jika anda memiliki burung yang terlalu liar, jangan justru anda tempatkan di tempat yang tersembunyi, karena anda takut burung akan menjadi panik. biasakanlah untuk menggantung sangkarnya di tempat yang agak rendah dan ramai, atau tempat yang sering dilalui orang berlalu-lalang, agar burung terbiasa dengan keramaian. Jika rumah anda berada di dekat jalan raya atau di perkampungan, biasakan menggantung burung kesayangan anda di halaman rumah ekat jalan. Namun hati-hati terhadap maling.
setelah burung mulai terbiasa dengan situasi tersebut, maka burung secara berangsur akan mulai terlihat jinak , dan setelah itu anda sudah bisa menggantang pada posisi dan ketinggian normal.

Cara Menjinakkan Burung Biasakan memandikan burung dengan cara dikaramba dengan waktu agak lama. Kalau dia nggak mau mandi sendiri, semprot pakai semprotan sampai basah kuyup. Nggak masalah dia kelabakan kesana-kemari saat disemprot. Benar-benar basah kuyup sampai menggigil kedinginan dan nggak kelabakan lagi. Biarkan dulu dia di karamba, sampai bulu agak kering. Tapi kalau Anda tergesa-gesa mau pergi, masukkan langsung ke sangkar juga nggak apa-apa, dan gantung di tempatnya. Kalau sempat, lakukan “pemandian” itu pagi dan sore hari.

Kosongkan tempat pakan menjelang malam. Biarkan pada pagi hari dia kelaparan. Dalam kondisi itu, sorongkan jangkrik dengan lidi di tangan kita. Kalau dia nggak mau mematuk jangkrik, tarik lagi. Lima atau sepuluh menit lagi kita lakukan hal sama. Kalau masih nggak mau, tunda lagi. Begitu seterusnya, sampai sekitar pukul 10.00. Kalau sampai jam itu belum mau juga, tinggalkan jangkrik di tempat pakan biar dimakan. Setelah dia makan satu jangkrik, sorongkan pakai lidi satu jangkrik lagi. Kita goda dia beberapa saat mau mendekat atau tidak. Begitu jangkrik disambar, kita coba lagi, sampai burung agak kenyang. Setelah itu tempat pakan kita isi dengan kroto (untuk murai dan kacer) satu sendok teh saja. Siang hari, kita coba-coba lagi memberi jangkrik dengan lidi, dan begitu pula sore hari. Setelah terbiasa dengan lidi, coba langsung diangsurkan dengan tangan. Proses ini kuncinya adalah membuat burung kelaparan dan merasa tergantung pada manusia dan “terpaksa” harus berani kepada manusia. Karena kuncinya membuat burung lapar, senantiasa kosongkan wadah pakan dan hanya beri secukupnya ketika sudah dilatih makan jangkrik yang kita tusuk lidi/langsung dari tangan kita.

Comments:

There are 0 komentar for Cara Menjinakkan Burung

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers