Burung sesak nafas

Diposting oleh Ali Sodikin | Label: | Posted On Jumat, 18 November 2011 at 16.37

Burung sesak nafas
Kalau Anda pilek dan terasa sesak bernapas, Anda bisa mengoles-oleskan minyak angin di bawah hidung atau di atas bibir untuk mencairkan lendir yang menghambat saluran pernapasan yang buntet. Ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menghisap obat hisap pelonggar napas (inhaler). Nah untuk burung, tentu tidak dengan cara demikian. Lantas bagaimana?

Burung sesak nafas
Coba Anda perhatikan lingkungan akhir-akhir ini, hujan deras, angin kencang, ada renovasi bangunan sehingga banyak debu dan cat, mandi atau dimandikan secara berlama-lama (tidak segera dikeringkan), keadaan udara panas atau pengap, serta kurungannya digantungkan terlalu dekat dengan atap. Semua hal tersebut dapat menyebabkan stres yang kebetulan diperlihatkan sebagai asma.
Pemberian madu itu sendiri tidaklah salah karena madu kaya energi, vitamin, dan mineral, serta mudah dicerna. Barangkali yang salah caranya memegang dan waktu pemberian.
Dalam keadaan susah bernapas apabila bagian dadanya didekap atau digenggam maka kesulitan bernapas semakin parah. Di dalam mulut atau jalan napasnya mungkin terdapat lendir yang menghambat jalan napasnya. Dalam keadaan seperti itu apabila ditetesi madu kental akan menambah hambatan dalam mulut dan jalan pernapasannya

Tutup kurungan (3 sisi) dengan kain atau kertas koran sebagai selimut untuk melindungi dari angin dan udara dingin. Hangatkan lingkungan dengan lampu atau penghangat ruangan sehingga suhu berada sekitar 32-35° C.

2. Ambil cawan berisi air hangat, letakkan cawan tersebut di sisi kurungan yang tak tertutup. Tambahkan minyak angin (Eucalyptus oil) ke dalam cawan atau vicks agar uapnya terhisap oleh burung sehinggga terjadi pemekaran (dilatasi) saluran napas.

3. Setelah gejala susah napas hilang, coba hisap lendir dicelah mulut dan palatumnya (celah di atap mulut) dengan kapas steril, juga lubang hidungnya (mostril). Setelah itu, baru teteskan madu atau air oralit.

Nah kan, ternyata memang burung pun perlu dibantu untuk melonggarkan sesak napas akibat penggumpalan lendir di saluran pernapasan.

Lantas kalau untuk sumber infeksinya sendiri bagaimana? Ya tentu, sebagaimana saya sebutkan di awal tulisan, tentu perlu dilakukan pengobatan. Untuk pengobatan infeksi saluran pernapasan, tentunya memang sulit untuk menentukan kira-kira apa penyebabnya untuk menentukan jenis antibiotiknya.

Untuk itulah saya menyarankan penggunaan BirdTwitter untuk penyembuhan infeksi pada saluran pernapasan burung. BirdTwitter mengandung enrofloxacin, sebuah fluoroquinolone antimikroba. BirdTwitter bisa digunakan untuk penyembuhan infeksi akibat gram-negatif maupun gram-positif seperti infeksi yang disebabkan oleh E. coli, Salmonella spp, Pasteurella spp, Bordetella spp, Haemophilus spp, dan Staphylococcus. BirdTwitter juga efektif terhadap Mycoplasma.

Banyak sekali penghobi burung yang mendapatkan burung kesayangan mereka sesak nafas. Tanda-tanda lain yang biasa menyertai sesak nafas adalah burung seperti kedinginan, suara parau atau bahkan hilang, paruh banyak terbuka, ditambah bersin-bersin dan tidak lahap makan tetapi banyak minum. Dalam kondisi seperti ini, jika penanganan tidak benar, seringkali membawa kematian pada si burung

Comments:

There are 0 komentar for Burung sesak nafas

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers