Tujuan Beternak Burung Kenari

Diposkan oleh Ali Sodikin | Label: | Posted On Minggu, 20 November 2011 at 15.39

Tujuan Beternak Burung Kenari
Sebagian besar hobis kicauan menganggap ternak kenari itu sangat mudah hanya segelintir orang yang merasakan betapa sulitnya beternak kenari . Itulah sebabnya kenapa saya menggeluti beternak kenari, seperti kita ketahui burung kenari hidup berdampingan  dengan manusia sudah lebih 1 abad  lamanya, burung kenari sudah terbiasa hidup di lingkungan manusia. Burung kenari bisa hidup dalam berbagai kondisi, pada saat beternak tidak perlu pengkondisian lingkungan ternak, tidak membutuhkan kandang ternak besar, tidak direpotkan oleh jenis makanannya dll.
Ketika dalam beternak dilandasi dengan  tujuan yang jelas  maka beternak kenari akan semakin nikmat, dimana dalam beternak akan ada proses pembelajaran yang berkesinambungan dan pemutakhiran mengenai tujuan beternak burung kenari. Dengan adanya proses pembelajaran maka hasil ternaknya semakin berkembang dengan kualitas yang semakin meningkat. Dengan proses pemutakhiran tujuan ternak burung kenari maka semakin hari tujuan yang ditentukan semakin tinggi dan hasil akhirnya akan semakin baik. Dari proses mimpi, pembelajaran dan pemutahiran tujuan itulah yang menyebabkan lahirnya burung kenari jenis Gloster, Yorkshire, Waterslager dll.
Tujuan Beternak Burung Kenari
 Hal yang lebih utama adalah dengan membeli indukan tahun ini kita mempunyai kesempatan untuk belajar cara perawatan dan pemeliharaan burung kenari. Sehingga jika tahun depan ada dana untuk membeli burung kenari Yorkshire, kita sudah punya pengalaman dalam perawatan burung kenari. Seperti pernah saya kemukakan bahwa burung kenari Yorkshire membutuhkan perawatan yang agak ekstra tidak seperti burung kenari lain karena burung kenari Yorkshire mempunyai ketahanan tubuh tidak sekuat kenari local. Demikian dulu sharing dari saya semoga bisa bermanfaat dan memberi inspirasi dalam beternak.
Tujuan Beternak Burung Kenari
 pakar mengatakan secara genetis terbukti bahwa kenari betina berpotensi sebagai induk yang akan menentukan kualitas nyanyian anakannya. Beberapa peternak membeli kenari jantan yang bagus untuk dijodohkan dengan seekor kenari betina, dengan tujuan untuk mendapatkan anakan yang berjenis kelamin jantan yang berkualitas bagus seperti bapaknya.
Tujuan Beternak Burung Kenari
Hasil perkawinan betina dengan pejantan yang bagus, tak selalu dapat menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan yang hebat seperti ayahnya. Namun anakan yang berjenis kelamin betina yang berasal dari pejantan yang bagus, mempunyai potensi sebagai induk yang baik untuk menghasilkan pejantan yang bagus, meskipun saudaranya mungkin jelek.
Semua kenari, baik yang berjenis kelamin jantan atau betina, pasti membawa gen yang baik atau buruk. Contohnya, di dalam sebuah sarang dengan empat anakan akan memiliki kualitas yang berbeda, mungkin hanya satu atau dua ekor anakan itu yang bagus kualitas suaranya dan lainnya mungkin memiliki kualitas suara yang cukup atau bahkan jelek,”
Sifat-sifat dari nenek moyangnya berperan penting dalam proses menghasilkan keturunan. Contohnya, individual yang hebat mungkin bisa menghasilkan anakan yang berkualitas jelek, tapi harus diingat kalau individu betina mewarisi kromosom Z yang berasal dari bapaknya yang membawa kualitas nyanyian bagus atau buruk. Sangatlah bijaksana bila peternak memilih kenari betina bukan dari kualitas nyanyian saudaranya, tapi dari kualitas nyanyian bapaknya.
Memperbaiki kualitas burung di peternakannya, haruslah jadi tujuan utama seorang peternak, sehingga dia harus membuat pilihan yang bijaksana dalam menentukan jenis/ras apa yang akan digunakan untuk memperbaiki mutu. Kemudian dia harus bersabar untuk melanjutkan beberapa keturunan sampai dia menemukan garis keturunan yang benar atau dirasa cocok dan terus berkonsentrasi sampai diperlukannya lagi individu baru untuk memperbaiki keturunan

Comments:

There are 0 komentar for Tujuan Beternak Burung Kenari

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers